Jumat, 07 Oktober 2011

Kisah Cahaya 7 Band Part 1



Kisah terbentuknya cahaya tujuh band,  PART 1
Terbentuknya cahaya tujuh band dimulai dari seorang Surya atmaja nasution (keyboard), pada awalnya hanya datang ingin mengecek atau melihat-lihat spul gitar kerumah anggi rela afrian (bass). Karena surya penasaran banget sama spul gitarnya yang nggak hidup-hidup ketika tampil di kampus STAIN curup,, dan saat di tes di speaker anggi ternyata spul gitarnya tidak ada masalah.
Waktu itu sekitar bulan oktober 2008, kebetulan sekali anggi sedang kumpul sama teman-temannya. Ketika melihat surya bermain gitar dan mendengarkan lagu karya-karya surya, akhirnya anggi tertarik dan merasa kagum. Begitu pula dengan salah satu temannya yang bernama Deby (mantan Bass), Deby dan anggi pun mengambil keputusan untuk belajar gitar lebih dalam dengan surya.


1 minggu setelah itu, timbullah ide dari anggi dan deby untuk membentuk sebuah band indie, dan akhirnya ide itupun di setujui oleh surya. Dan pada nopember 2008 mereka langsung melakukan pencarian personil Gitar, Drumer,Vocal cewek dan Vocal Cowok.
Melalui Deby akhirnya vocal cewek ditemukan namanya Miftahul jannah satu rekan sekolahnya dulu, selain itu surya juga mempromosikan seorang vocal teman surya saat nasyid yaitu EFRI dan deby juga mempromosikan rekan sekolahnya di SMA Negeri 3 Curup bernama Afdal sebagai Guitarist. Tahun 2008 itu posisi personilnya adalah Deby sebagai Bass,anggi gitar, afdal gitar dan efri serta mifta vocal,sedangkan  Surya hanya ingin membantu merintis band, karena ia hanya ingin karya-karya lagunya dibawakan oleh band anggi nantinya, tidak hanya demikian, ia sangat mengharapkan hadirnya band ini nanti akan mampu menepis anggapan-anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa anak-anak band itu identik dengan narkoba,seks bebas,dunia malam,dsb.
Tepat tanggal 27 desember 2008, walaupun tanpa drumer tetap, akhirnya band ini baru diberi nama “ CAHAYA BAND ” atas usulan deby. Sebagai langkah awal, band ini ingin merecord lagu “ meminang dan Hanya Dalam Mimpi “ karya Surya.
Namun, baru saja melangkah 2 orang yang di promosikan untuk menjadi pemain inti di Cahaya Band yaitu AFDAL dan EFRI mengundurkan diri. Cahaya Band sangat prihatin dengan keadaan ini, tapi tidak berlangsung lama, sekitar pertengahan januari 2009, sebuah pertemuan yang tak disangka-sangka, surya bertemu dengan teman lamanya Dedy Haryadi ( mantan Drumer). Awalnya dedi menawarkan surya untuk membentuk band, karena dahulunya dedi pernah melihat surya bermain keyboard. (pucuk dicinta ulampun tiba) tanpa banyak basa-basi tawaran dedi itu dialihkan surya! Surya mengajak dedi bergabung di Cahaya Band sebagai drumer, karena dedi diposisi tersebut. Dedi juga menawarkan kakak kandungnya yang tidak lain Masry Syafuan (gitaris) juga pencipta lagu-lagu handal di cahaya 7 band saat ini. Dan langsung saja masry bergabung di cahaya band.


Sekarang Cahaya ini memiliki 5 personil, anggy gitar 2, deby bass, mifta vocal, dedi drumer, dan masri gitar 1. Akan tetapi,, hal ini belumlah lengkap karena lagu yang surya ciptakan harus memiliki vocal cowok, mereka pun bingung, sehingga mendapatkan seorang calon vocal Erik, tak lain temannya dedi,, namun erik kurang berani untuk bernyanyi dan tampaknya kurang serius di band, lalu dedi bertanya-tanya kepada seorang temanya ROBY OKTAVENUS ( mantan Gitar) tapi untuk roby kita ceritakan nanti,karena dia saat cerita ini belum bergabung di cahaya 7 band. Dedi menanyakan kepada roby adakah teman atau sahabatya yang bisa bernyanyi? Lantas saja roby meenyebut sebuah nama yaitu Ashsobur Haiqal el yannow (( Haiqal ) Vocal) menurut robi, haiqal itu trauma dengan band, karena sudah 5 kali dia di khianati oleh band nya sendiri dan tak ada satupun band yang dirilisnya yang serius. Jadi mungkin cukup sulit untuk merekrutnya, apalagi saat itu haiqal sedang liburan di ARGAMAKMUR bengkulu utara, tapi tidak tahu kenapa seminggu setelah itu kebetulan sekali haiqal mampir dirumah robi, sehingga robi langsung memberitahukan kepada haiqal bahwa dedi mau mengajak menyanyi, awalnya haiqal sedikit kurang minat. Namun karena dedi juga teman baik haiqal dulu, jadi haiqal memutuskan ingin mencoba bergabung, malam itu sekitar 7 februari 2009 haiqal bergabung di Cahaya Band setelah bersaing dengan erik.
Dengan masuknnya haiqal maka lengkaplah personil Cahaya band menjadi 6 orang, namun haiqal mempertanyakan posisi surya, lalu haiqal menawarkan bagaimana kalau surya menjadi keyboardist cahaya  band, karena karya-karya surya juga lebih syah di gunakan jika surya juga ikut bergabung di cahaya band, surya pun memutuskan ikut bergabung sehingga personil cahaya band saat itu menjadi 7 orang yaitu :
Personil Era 26 Maret – 11 September 2009
Cahaya satu             : SURYA ATMAJA NASUTION ( KEYBOARD)
Cahaya dua              : ANGGI RELA AFRIAN (GITAR 2)
Cahaya tiga              : DEBY SYAHPUTRA ( BASS)
Cahaya Empat                    : MIFTAHUL  JANNAH ( VOCALIS CEWEK)
Cahaya lima             : DEDI HARYADI (DRUMMER)
Cahaya enam            : MASRY SYAFUAN ( GITAR 1)
Cahaya Tujuh           : ASHSOBUR HAIQAL EL YANNOW (VOCALIS COWOK)
Maksud dari cahaya 1 – 7 adalah urutan personil yang bergabung terlebih dahulu hingga yang terakhir bergabung.
Pada tanggal 14 Februari 2009 atas usulan masry maka cahaya band berubah nama menjadi CAHAYA 7 BAND, karena personil nya ada 7 orang, juga angka 7 adalah angka sakral, setelah itu cahaya tujuh band langsung recording lagu Meminang pertamanya di LABORA Record Perumnas Curup dan diputar pertama kali lewat even indie di Radio Diozz 100 FM Curup dan lagu itu dalam 2 minggu mendapat peringkat Ke 3 dari 50 band lebih indie di kota curup dan bengkulu, bersaing dengan The Flash, Poster Band, Ksatria 20.
Cahaya 7 Band Resmi di bentuk dan di syahkan diatas kertas pada tanggal 26 maret 2009, beserta peraturan-peraturan band yang ditetapkan.

1 komentar:

  1. Buat temen2 ini cerita cahaya tujuh band PART 1 masih ada episode selanjutnya, sampai mereka sekarang di Bandung

    BalasHapus